7 Cara Membedakan Burung Jalak Suren Jantan dan Betina Secara Akurat

Burung jalak suren merupakan burung spesies jalak yang awalnya ditemukan di Asia Tenggara dan anak Benua India. Namun, burung jalak suren juga ada di Indonesia dari zaman dulu hingga sekarang. Umumnya, burung ini memiliki dominan warna putih dan hitam. Lalu bagaimana cara membedakan burung jalak suren jantan dan betina secara akurat?

Burung jalak suren ini sangat populer di berbagai kalangan. Serta menjadi incaran oleh orang-orang yang suka memelihara burung. Di Indonesia sendiri, burung jalak suren jantan dan betina lebih banyak ditemui di daerah sekitar Jawa, Sumatra, dan Bali. Maka, inilah beberapa cara untuk membedakan burung jalan suren jantan dan betina secara akurat:

1. Lihat Bentuk Kepala

Cara pertama untuk bisa membedakan antara burung jalak suren jantan dan betina ialah dengan melihat bentuk kepala. Burung jalak suren memiliki bentuk kepala yang berbeda. Burung jalak suren jantan memiliki kepala berbentuk bulat dan besar. Sementara itu, burung jalak suren betina memiliki kepala dengan ukuran pendek dan bentuk yang ramping.

2. Periksa Bentuk Jambul

Burung jalak suren memiliki jambul yang khas pada bagian kepalanya. Jika ingin mengetahui perbedaanya, memeriksa bentuk jambul bisa dipakai sebagai cara membedakan burung jalak suren jantan dan betina secara akurat. Pada burung yang jantan, jambul akan melebar dan lebih panjang saat mengembang, sedangkan jambul betina lebih menciut dan cukup pendek.

3. Perhatikan Warna Bulu

Untuk membedakan burung jalak suren jantan dan betina bisa dengan memperhatikan warna bulu burung tersebut. Meski keduanya sama-sama memiliki dominan warna putih dan hitam, tetapi tetap ada perbedaannya. Warna hitam pada jantan terlihat lebih mengkilap dan gelap, serta warna putihnya bersih. Sementara itu, warna putih pada betina terlihat lebih kusam.

4. Cek Ukuran dan Bentuk Tubuh

Burung jalak suren jantan dan betina memiliki ukuran dan bentuk tubuh yang berbeda. Perlu ketelitian saat ingin melakukan cara membedakan burung jalak suren jantan dan betina dengan mengecek ukuran dan bentuk tubuh. Tubuh sang jantan berukuran panjang dengan bentuk lonjong dan besar, sedangkan tubuh betina berbentuk bulan dengan ukuran pendek.

5. Perhatikan Bentuk Jari

Terdapat jari-jari pada burung jalak suren yang bisa diperhatikan untuk membedakan jenis kelaminnya. Burung jalak suren jantan cenderung memiliki jari yang lebih kokoh atau kuat, dengan bentuk yang lebih panjang. Sementara itu, burung jalak suren betina cenderung memiliki jari dengan bentuk yang pendek dan tak sekokoh milik jalak suren jantan.

6. Dengan Suara Kicauan

Selain bisa dibedakan dari fisiknya, burung jalak suren jantan dan betina juga bisa dibedakan melalui suara kicauannya. Meskipun burung jalak suren pada umumnya memiliki suara kicauan yang merdu. Namun, jika didengar lebih teliti, ada perbedaan suara kicauan pada jantan dan betina. Suara kicauan sang jantan diklaim lebih merdu dibanding betina.

7. Perhatikan Tingkah Lakunya

Cara terakhir yang bisa digunakan untuk membedakan burung jalak suren jantan dan betina adalah dengan memperhatikan tingkah laku keduanya. Burung jalak suren jantan biasanya memiliki tingkah laku yang aktif dan lebih agresif. Sementara itu, untuk betina biasanya tidak terlalu aktif dan cenderung lebih tenang.

Demikian ulasan mengenai 7  cara membedakan burung jalak suren jantan dan betina secara akurat. Burung spesies jalak ini sangat populer di Indonesia. Memiliki warna dominan putih dan hitam, membuat burung ini sulit untuk dibedakan. Namun, jangan khawatir, sebab cara-cara diatas bisa digunakan untuk membedakan burung jalak suren jantan dan betina.