Cara Membedakan Burung Pentet Jantan Dan Betina Paling Akurat

Burung pentet atau yang dikenal dengan cendet merupakan salah satu burung yang digemari kicau mania. Cara membedakan burung pentet jantan dan betina memang agak sulit jika dilihat dengan sekilas saja. Namun, jika lebih teliti lagi misalnya dengan mengamati ciri fisiknya, bisa diketahui mana jantan dan betina.

Bagi yang sudah lama berkecimpung di dunia perburungan pasti tidak akan kesulitan lagi membedakan jenis kelaminnya. Namun jika masih pemula pasti bingung. Untuk itu artikel ini akan mengulas bagaimana cara membedakan burung berdasar jenis kelaminnya. Berikut selengkapnya.

1. Mengamati dari Ukuran Paruhnya

Cara membedakan burung pentet jantan dan betina pertama yakni dengan mengamati ukuran paruhnya. Si jantan mempunyai ukuran paruh yang lebih tebal, sementara yang betina relatif lebih tipis.

Agar lebih jelasnya, sejajarkan kedua burung tersebut. Namun, dalam kasus tertentu, ada burung cendet betina yang mempunyai ukuran paruh tebal seperti halnya jantan.

2. Perhatikan Warna Bulu Kepala dan Pipinya

Cara selanjutnya yakni dengan memperhatikan warna bulu pada kepala dan pipinya. Mengetahui jenis kelamin dari bentuk paruhnya saja tidak cukup, jadi gunakan cara ini juga.

Untuk burung cendet jantan, warna bulu di kepala hingga ke tekuknya didominasi hitam pekat. Sementara yang betina, warna bulu di kepalanya tidak terlalu gelap, cenderung agak memudar hingga sampai tengkuknya.

Sementara bagian pipi si jantan juga berwarna hitam gelap dan pekat. Sementara untuk betinanya, meskipun sama-sama berwarna hitam tapi tidak terlalu gelap, lebih ke abu-abu.

3. Mendengar dengan Seksama Suara Kicauannya

Salah satu daya tarik burung pentet atau cendet ini memang dari kicauannya. Banyak pecinta burung yang memelihara karena kicauanya yang bagus. Pentet juga bisa diikutsertakan dalam kontes burung.

Biasanya, cendet yang diikutsertakan dalam perlombaan kicau burung adalah yang berjenis kelamin jantan. Ini karena si jantan mempunyai suara kicauan lebih nyaring dan menggelegar.

Nadanya juga lebih bervariasi dan tidak monoton. Sementara yang betina volume suaranya cenderung tidak begitu nyaring, lembut dan nadanya monoton. Memang butuh waktu yang tidak sedikit untuk membedakan pentet jantan dan betina dari kicauannya.

4. Dengan Melihat Bentuk Kepalanya

Kepala antara si jantan dan betina juga punya perbedaan. Burung pendet jantan mempunyai  ukuran kepala yang lebih datar dan ceper. Sementara untuk betinanya, memiliki bentuk kepala yang cenderung bulat dan tidak ceper.

5. Mengamati Bentuk Supitnya

Bentuk supit pentet juga bisa menandakan jenis kelaminnya. Supit burung cendet jantan bentuknya lebih cenderung kecil, namun panjang dan keras. Bulu disekitarnya tidak beraturan namun rapat.

Sementara si betina, memiliki bentuk supit lebih besar dan renggang. Bulu di sekitarnya beraturan dan bagus seperti membentuk bunga.

6. Mengamati Warna Pada Bulu Ekornya

Ini berlaku jika burung pentet masih trotolan. Cobalah amati warna bulu ekornya. Pejantan mempunyai warna bulu yang cenderung hitam gelap. Sementara yang betina tidak terlalu pekat namun lebih memudar.

7. Mengamati Warna Pada Bulu Sayapnya

Ini juga berlaku jika burung pentet belum begitu dewasa, masih trotolan. Cobalah untuk membuka sayapnya. Dua-duanya memang memiliki warna putih saat sayapnya dibuka.

Namun, si jantan warna putih pada sayapnya relatif lebih tebal, banyak dan warnanya putih bersih. Sementara untuk betina, putihnya tidak begitu mendominasi. Warnanya juga tidak putih terang, namun lebih memudar dan agak kusam.

Itulah sejumlah cara membedakan burung pentet jantan dan betina. Jangan fokus ke satu cara saja, lakukan semua langkah di atas agar lebih maksimal. Jika sudah terbiasa, maka akan mudah membedakan mana jantan dan mana betina.