7 Cara Membedakan Burung Cendet Jantan dan Betina Dengan Mudah dan Akurat

Burung cendet merupakan burung yang memiliki banyak variasi suara kicauan yang merdu. Mengetahui jenis kelamin burung cendet sangat penting jika ingin memeliharanya. Meski sama-sama masuk ke dalam spesies cendet, antara jantan dan betina memiliki kualitas yang berbeda. Untuk itu perlu mengetahui cara membedakan burung cendet jantan dan betina secara akurat.

Jenis burung ini cukup populer di berbagai kalangan. Burung cendet termasuk burung yang sensitif, sehingga mudah menggigit saat dipegang. Maka dari itu, perlu pendekatan yang baik apabila ingin memelihara burung cendet. Pendekatan yang baik dimulai dari mengetahui jenis kelaminnya. Berikut ini cara untuk membedakan burung cendet jantan dan betina dengan mudah:

1. Lihat Bentuk Kepala

Melihat bentuk kepala merupakan bagian dari cara membedakan burung cendet jantan dan betina dengan mudah dan akurat. Cara ini sangat mudah dilakukan, sebab bisa langsung terlihat tanpa perlu memegang tubuhnya. Burung cendet jantan memiliki bentuk kepala yang datar dan ceper. Sementara itu, burung cendet betina memiliki bentuk kepala yang bulat.

2. Perhatikan Bentuk Paruh

Paruh juga termasuk bagian tubuh burung cendet yang bisa dijadikan acuan untuk mengetahui jenis kelamin burung tersebut dengan mudah. Bentuk paruh yang dimiliki oleh burung cendet jantan terlihat tebal. Tentunya hal ini berbeda dengan paruh burung cendet yang dimiliki oleh betina. Burung cendet betina memiliki paruh yang terlihat lebih tipis.

3. Cek Warna Bulu Kepala

Selain bentuk kepalanya berbeda, burung cendet juga memiliki perbedaan pada warna bulu di bagian kepala. Lihat tengkuk kepala untuk mengaplikasikan salah satu cara membedakan burung cendet jantan dan betina dengan mengecek warna bulu di kepalanya. Cendet jantan memiliki bulu lebih pekat dan berwarna hitam, sedangkan betina cenderung pudar dan berwarna hitam.

4. Periksa Bentuk Supit

Supit merupakan suatu organ yang ada pada burung dan biasa dijadikan acuan untuk membedakan jenis kelamin, termasuk pada burung cendet. Bentuk supit pada cendet jantan cenderung kecil, panjang, dan terdapat motif garis yang tak beraturan. Sementara itu, bentuk supit pada cendet betina cenderung besar dan terdapat motif garis secara beraturan.

5. Lihat Warna Ekor

Warna pada ekor burung cendet juga dapat dilihat untuk membedakan burung cendet jantan dan betina. Meski sama-sama memiliki warna hitam di bagian ekornya, tetapi tetap ada perbedaan yang mencolok. Pada cendet jantan memiliki warna ekor hitam yang lebih pekat. Sementara itu, pada cendet betina, warna hitam di bagian ekornya terlihat lebih samar.

6. Cek Warna Bulu di Pipi

Selain bulu kepala, bulu di pipi juga bisa dipakai untuk mengaplikasikan cara membedakan burung cendet jantan dan betina secara akurat. Terdapat warna hitam pada bulu pipi cendet jantan, tetapi warna hitam tersebut terlihat lebih pekat dan mencolok. Sementara itu, warna hitam pada bulu pipi cendet betina cenderung lebih semu dan samar.

7. Perhatikan Karakter Burung

Tak hanya dilihat dari ciri fisik, karakter pada burung cendet juga bisa dipakai untuk membedakan jenis kelaminnya. Pada burung cendet jantan, karakter yang dimiliki cenderung agresif dan galak. Sementara itu, pada burung cendet betina, karakternya cenderung lebih kalem dan tidak terlalu agresif.

Demikian ulasan mengenai 7 cara membedakan burung cendet jantan dan betina dengan mudah dan akurat. Pada dasarnya, burung cendet memiliki perbedaan yang terlihat jelas. Hanya saja diperlukannya ketelitian saat sedang melihat burung tersebut. Bagi yang ingin mengetahui jenis kelamin burung cendet, bisa ikuti 7 cara diatas yang sudah terjamin keakuratannya.