Cara Membedakan Burung Kolibri Jantan dan Betina Versi Dewasa Maupun Anakan Jenis Ninja

Burung kolibri merupakan burung yang cukup populer di Indonesia. Salah satu jenis burung kolibri yang paling terkenal ialah burung kolibri ninja. Namun, terkadang masih sulit mengetahui bagaimana cara membedakan burung kolibri jantan dan betina jenis ninja.

Burung kolibri jenis ninja dibagi menjadi 2, yaitu dewasa dan anakan. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Maka, inilah beberapa cara untuk membedakan burung kolibri ninja jantan dan betina versi dewasa dan anakan:

Cara Bedakan Kolibri Ninja Anakan Jantan Dan Betina

Burung kolibri jenis ninja yang masih anakan biasanya memiliki tubuh berwarna hijau. Ketika masih anakan, antara jantan dan betina memiliki warna kehijauan yang hampir sama. Maka, berikut ini cara membedakan burung kolibri ninja jantan dan betina anakan:

1. Periksa Warna Bulu di Dekat Sayap

Memeriksa warna bulu di dekat sayap bisa digunakan sebagai cara membedakan burung kolibri jantan dan betina jenis ninja anakan. Burung kolibri jenis ninja jantan anakan memiliki warna merah atau orange. Sementara itu, untuk betina tidak memiliki warna apa-apa pada bulu dekat sayap.

2. Lihat Paruh Burung

Saat ingin membedakan burung kolibri ninja jantan dan betina anakan, lihat bagian paruh burungnya. Burung kolibri ninja jantan di bagian paruhnya terdapat warna orange pekat. Sementara pada betina berwarna putih atau orange yang tidak pekat.

3. Cek Bawah Tulang Pangkal Paruh

Selain melihat bagian paruh burung, cek bawah tulang paruh sebagai cara membedakan burung kolibri jantan dan betina jenis ninja anakan. Di bawah tulang pangkal paruh jantan terdapat garis pekat berwarna orange. Namun, pada betina terlihat samar atau tidak memiliki garis.

4. Perhatikan Bulu Bagian Dada

Membedakan burung kolibri jenis ninja jantan betina anakan bisa dengan memperhatikan bulu dadanya. Pada burung kolibri ninja jantan anakan memiliki warna kuning yang pekat di bagian bulu dadanya. Sementara itu, pada betina memiliki warna samar dan tidak terlalu pekat.

5. Lakukan Tes DNA

Terakhir, lakukan tes DNA untuk membedakan burung kolibri jenis ninja jantan dan betina anakan. Tes DNA bisa dilakukan dengan mengambil sampel darah dari bagian sayap burung. Melakukan tes DNA diklaim akan mendapat hasil dengan keakuratan hingga 99%.

Cara Bedakan Kolibri Ninja Dewasa Jantan Dan Betina

Tak seperti anakan yang terlihat sangat mirip, versi dewasa justru memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Hal ini membuat burung lebih mudah dibedakan antara jantan dan betina. Maka, inilah beberapa cara membedakan burung kolibri ninja jantan dan betina dewasa:

1. Lihat Sayapnya

Hal pertama yang bisa dijadikan cara membedakan burung kolibri jantan dan betina jenis ninja dewasa ialah dengan melihat sayapnya. Terdapat warna hitam pada sayap burung kolibri ninja jantan saat terkena matahari. Sementara itu, terdapat warna terang pada burung betinanya.

2. Perhatikan Warna Bulu

Burung kolibri jenis ninja jantan memiliki warna terang mengkilap. Sementara itu, pada burung kolibri ninja betina memiliki warna merah mengkilat. Tak hanya itu, pada bagian perut dan dada ninja jantan berwarna merah, sedangkan betina abu-abu keputihan dan kuning.

3. Periksa Telapak Kaki

Telapak kaki juga bisa dijadikan cara membedakan burung kolibri kolibri jantan dan betina dewasa. Burung kolibri ninja betina memiliki telapak kaki yang berwarna pudar. Sementara itu, telapak kaki dengan warna cerah dimiliki burung kolibri ninja jantan.

4. Tes DNA

Sama seperti burung kolibri ninja anakan, tes DNA juga bisa dipakai untuk membedakan burung kolibri ninja jantan dan betina dewasa. Tes DNA untuk burung kolibri ninja dewasa bisa diambil sampel dari bagian bulu atau darahnya.

5. Perhatikan Paruhnya

Terakhir, untuk membedakan antara burung kolibri ninja jantan dan betina dewasa ialah dengan memperhatikan paruhnya. Pada ujung paruh kolibri ninja jantan terdapat warna orange. Sementara itu, pada kolibri ninja betina hanya cenderung lebih terang.

Demikian ulasan mengenai cara membedakan burung kolibri jantan dan betina dewasa dan anakan jenis ninja. Ada beberapa hal yang bisa dijadikan cara untuk membedakan antara jantan dan betina yang bisa dipakai dengan mudah. Dijamin hasilnya akurat dan tidak akan tertukar.