Ulasan Lengkap Mengenai Sifat Dan Hakikat Sosiologi

Pada dasarnya, sifat dan hakikat sosiologi sendiri merupakan sebuah ilmu yang memplajari tentang hubungan manusia dengan masyarkaat. Maka dari itu tidak heran jika ilmu sosiologi itu tadi sering dikaitkan atau menjadi hubungan dari ilmu sosial. Hal ini tidak lain karena ilmu sosial itu tadi memang mempunyai keterkaitan antara  dengan yang lain  tentunya.

Jika dilihat dalam artian etimologis sendiri sosiologi sendiri berasal dari dua kata dalam bahasa latin. Pertama yaitu socius yang artinya teman atau rekan sedangkan yang kedua yaitu logos yang berarti ilmu. Dengan begitu secara harfiah, sosiologi  sendiri diartikan sebagai ilmu tentang hubungan jalinan pertemanan atau ilmu yang mempelajari tentang hubungn masyarakt. Dalam kamus kbbi sendiri, sosiologi  sendiri juga mempunyai definisi yang hampir mirip dengan yang telah dijelaskan sebelumnya tadi.

Dimana sosiologi  sendiri merupakan sebuah ilmu maupun pengetahuan yang mempelajari tentang perkembangan, perilaku, dan juga sifat masyarakat. Selain itu juga kerap diartikan juga sebagai proses sosial, struktur   sosial, dan juga termasuk perubahannya sendiri. Sedangkan sifat dari sosiologi  sendiri salah satuny ayaitu sebagai rumpun ilmu pengetahuan di bidang sosial yang masih mempunyai kaitan yang sangat erat dengan gelaja dalam hal kemasyarakatan.  Selain itu, sifat sosiologi  sendiri juga sering dikaitkan sebagai salah satu jenis ilmu pegnetahuan yang kategoris. Maksudnya sendiri yaitu ilmu pengetahuan sosiologi  tersebut memang secara khusus membatasi dengan apa yang terjadi atau lebih sering disebut dengan istilah das sein.

Selain itu, das sein itu tadi juga dikaitkan dengan das sollen yang berarti bukan apa yang semestinya terjadi. Sifat lain dari sosiologi  ini tidak lain yaitu sbagai ilmu pengetahuan yang murni. Hal ini tidak lain karena tujuan utaamanya sendiri memang menciptakan dan juga mengembangkan ilmu pengetahuan yang tidak terstruktr alias abstrak. Dengan kata lain ilmu sosiologi  ini bukan merupakan ilmu pengetahuan yang terpakai atau terapan. Terakhir, sifat dari ilmu sosiologi  ini tidak lain yaitu sebagai pengetahuan rasional dan juga umum. Sehingga nantinya ilmu sosiologi  ini akan mempelajari gejala umum dengan metode yang digunakannya.