Strategi pemasaran menjadi faktor penting menjalankan segala jenis usaha. Baik dalam skala kecil maupun besar. Kini banyak cara yang bisa ditempuh seorang pengusaha untuk memasarkan berbagai produk tidak terkecuali untuk bisnis konveksi kaos. Berikut merupakan rangkuman strategi pemasaran agar pelanggan semakin bertambah:
1. Menjalin Relasi Kerjasama
Satu langkah tepat untuk menjaga keberlangsungan sebuah usaha adalah dengan melebarkan eksistensi perusahaan itu sendiri. Hal ini dapat dicapai melalui kerjasama dengan relasi yang sudah cukup berkembang.
Ketika bicara mengenai usaha konveksi kaos, calon pengusaha bisa mulai menjalin kerjasama dengan berbagai toko baju, mall, distro dan usaha lain sejenisnya. Upaya kerjasama ini cukup efektif sebagai langkah cepat dalam memperkenalkan brand sebuah produk.
2. Cepat Dalam Memanfaatkan Kegiatan Event
Tidak sedikit event ataupun kegiatan yang memang diperuntukan untuk pengusaha. Banyak juga penghargaan yang diberikan sebagai pemberdayaan baik oleh pemerintah maupun swasta guna mengapresiasi pengembangan usaha khususnya untuk kawula muda.
Berbagai kegiatan tersebut, menjadi terobosan ampuh untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat. Dari hal sederhana inilah muncul pelanggan atau mitra baru yang mampu meningkatkan perkembangan sebuah usaha.
3. Memasarkan Produk Lewat Promosi Iklan Banner
Ada kalanya seorang pengusaha harus turun langsung menjemput calon pelanggan. Hal sederhana yang dipercaya meningkatkan penjualan adalah dengan memasang iklan banner di tempat-tempat strategis. Banner merupakan suatu media informasi yang memang sengaja dibuat sebagai promosi sebuah produk.
Baca juga : 10 Ide Souvenir Perusahaan yang Menarik dan Bermanfaat, Bisa Jadi Media Promosi Juga Lho!
Media ini biasanya dibuat menggunakan peralatan khusus yang menciptakan kualitas gambar serta tulisan yang baik. Banner menjadi alat promosi yang efektif, hal ini juga bisa dilihat dengan banyaknya penggunaan banner pada setiap usaha.
4. Pemasaran Dengan Brosur
Pilihan strategi pemasaran berikutnya juga dapat dilakukan dengan menyebarkan selebaran brosur. Ceritakan dengan jelas mengenai nama serta bidang usaha yang tengah diangun, entah berupa barang maupun jasa yang ditawarkan. Jelaskan secara terperinci mengenai keunggulan produk maupun jasa yang mungkin tidak dimiliki oleh perusahaan lain.
5. Promosi Pemasaran Dengan Memanfaatkan Kinerja Website
Di era serba canggih saat ini, tidak menutup kemungkinan para pengusaha untuk melebarkan usahanya dengan cara yang lebih mudah. Seperti yang juga dilakukan oleh sebuah perusahaan konveksi besar oscasapparel.com. Perusahaan besar seperti Oscas Apparel nyatanya tidak ingin menyia-nyiakan kinerja sebuah website.
Benar saja, dengan melakukan promosi menggunakan situs website inilah muncul mitra serta pelanggan-pelanggan baru dengan jangkauan yang lebih luas. Ada banyak jasa digital marketing yang bisa membantu pengusaha untuk melebarkan bidang usahanya.
6. Memanfaatkan Sosial Media
Siapa yang tidak mengenal sosial media. Bocah sd pun kini tidak bisa jauh dari media jejaring yang satu ini. Hal ini sepatutnya juga dapat dimanfaatkan oleh pemilik usaha untuk menjangkau pelanggan yang lebih besar. Ada banyak media sosial yang bisa digunakan seperti Twitter, Facebook ataupun Instagram.
7. Memberikan Diskon sebagai Strategi Penjualan
Memberikan promo maupun diskon bukanlah suatu yang salah. Meski dapat meminimalisir keuntungan. Nyatanya dampak dari tebar diskon ini mampu menggaet pelanggan baru yang lebih besar. Namun hal ini tidak untuk dilakukan dalam jangka panjang. Berikan promo setidaknya 2 hingga 3 bulan sekali saja.
Usaha dalam bidang konveksi kaos kini banyak bertebaran. Apabila tidak cermat dalam memasarkan produk, bisa jadi usaha yang tengah dirintis akan tenggelam dengan perusahaan-perusahaan baru yang bermunculan. Beberapa strategi di atas bisa menjadi referensi bagi pemilik usaha untuk memaksimalkan agar bisnis yang dijalankan semakin meningkat.