Seluk Beluk Tentang Leadership Coaching Secara Lengkap

Para pemimpin perusahaan atau organisasi tentu memiliki tanggung jawab yang tak kecil untuk mengatur bawahannya. Terlebih lagi, dalam memimpin ini ada banyak kepala yang perlu didengar. Untuk mengatasi hal ini, teknik kepemimpinan tertentu perlu dikuasai oleh setiap pemimpin. Setiap pemimpin dapat menjadwalkan leadership coaching bagi para bawahannya. 

Hal ini tentu akan sangat berguna bagi pemimpin untuk dapat membawa organisasinya dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Dalam proses kepemimpinan ini, akan ada banyak sifat dan karakter orang yang tentu tidak dapat disamaratakan. Melalui leadership coaching ini, setiap pemimpin dapat belajar menguasai teknik kepemimpinan yang efektif untuk dapat mendorong dan memotivasi bawahannya. 

Manfaat dari Mengikuti Leadership Coaching

Bagi pemimpin yang mengikuti leadership coaching tentu akan mendapatkan segudang manfaat yang pastinya akan bermanfaat untuk kepemimpinannya di organisasi tersebut. Karena dalam mengikuti leadership coaching ini, mereka tidak hanya mendapatkan materi mengenai teknik kepemimpinan yang efektif, tetapi juga inspirasi, insight, ide maupun gagasan untuk mengelola perusahaan atau organisasi secara lebih baik. Manfaat dari mengikuti leadership coaching, antara lain:

 

1. Menggali Visi dan Misi sebagai Pemimpin

Setiap pemimpin, di level apapun, perlu mempunyai visi dan misi organisasi yang jelas. Mereka sendiri perlu paham, akan dibawa kemana organisasi atau perusahaan yang dipimpinnya. Adanya leadership coaching membuat setiap pemimpin mampu memetakan visi, misi, dan tujuan organisasi yang hendak dikejar. Selain itu, leadership coaching juga memudahkan setiap pemimpin untuk menggali values atau nilai-nilai yang hendak ditanamkan dalam organisasi. Seperti yang Anda tahu, tanpa adanya visi dan misi yang jelas, organisasi akan berjalan tak tentu arah. Sedangkan tanpa adanya values atau nilai-nilai yang menjadi pedoman perilaku, karyawan atau anggota organisasi juga tidak punya pengikat perilaku yang kuat.

 

2. Pengambilan Keputusan yang Ideal

Bagi seorang pemimpin, pengambilan keputusan merupakan hal yang tak asing untuk dilakukan. Setiap pemimpin diwajibkan untuk dapat mengambil keputusan dalam situasi apapun. Seorang pemimpin yang tidak mampu atau tidak berani dalam mengambil keputusan sering disebut belum menjadi “pemimpin sejati”. Keputusan perlu diambil dalam situasi apapun. Idealnya, setiap keputusan yang diambil ini harus sejalan dengan visi, misi, dan tujuan organisasi. Keputusan yang diambil juga sudah mempertimbangkan kebutuhan setiap stakeholder, baik pemegang saham, karyawan, customer maupun pihak lainnya. Jangan sampai, ada stakeholder yang dirugikan dalam pengambilan keputusan tersebut. 

Leadership coaching dapat membantu setiap pemimpin dalam pengambilan keputusan. Dalam leadership coaching, pemimpin akan diminta untuk melihat dari berbagai sudut pandang, hal-hal yang akan diputuskannya. Tentu, ketika baru pertama kali berlatih untuk melihat dari berbagai sudut pandang, seolah-olah keputusan yang akan diambil menjadi lebih lama dan bertele-tele. Tetapi ketika pemimpin semakin terlatih melihat dari sudut pandang yang berbeda, setiap keputusan yang diambil akan efektif dan memberikan dampak positif bagi banyak pihak. 

Pengambilan keputusan mungkin terlihat sepele bagi kaum awam. Akan tetapi, setiap pemimpin dipercaya memegang suatu organisasi dengan tujuan tertentu, seharusnya sadar bahwa keputusan yang diambilnya dapat berdampak bagi banyak orang. Dalam konteks organisasi, ketika keputusan yang diambil tidak membuat tujuan organisasi tercapai, tentu akan membuat seluruh pihak di dalam organisasi ini kecewa dan mengurangi kredibilitas pemimpin yang bersangkutan. 

Hal ini karena sikap dan proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pemimpin sangat mempengaruhi kinerja dari pegawai dan berdampak pada organisasinya. Maka dari itu, pemimpin haruslah mampu dalam mengambil keputusan yang bersifat ideal agar tujuan dari organisasi tersebut dapat tercapai.

 

3. Pengendalian Emosi oleh Pemimpin

Dari adanya leadership coaching, pemimpin juga akan berlatih untuk mengendalikan emosi dalam setiap situasi. Tindakan yang akan diambil oleh seorang pemimpin menjadi lebih terukur dan terarah. Dengan leadership coaching, lagi-lagi pemimpin akan diminta untuk menyelaraskan tindakannya dengan visi, misi, dan tujuan yang hendak dicapai.

Kehilangan kontrol atau kehilangan kendali emosi sering dialami oleh banyak pemimpin mengingat banyaknya kepala yang harus dipimpin dengan berbagai sifat dan karakter yang berbeda, tentu memiliki ego masing-masing. Belum lagi, ketika ada masalah yang terjadi pada organisasi tersebut.

 

Leadership Coaching Online atau Offline, Mana yang Lebih Baik?

Melirik perkembangan teknologi yang semakin intens dengan perubahan adaptasi hidup baru, saat ini telah banyak kegiatan yang beralih secara online. Tak terkecuali dengan aktivitas leadership coaching ini. Ada cukup banyak platform, sistem, atau metode yang menyediakan leadership coaching secara online. Tentu saja, sejauh coach yang bersangkutan menguasai metode dan model coaching yang efektif, serta coach yang bersangkutan mempunyai jam terbang yang tinggi, hal tersebut bukan merupakan suatu hambatan yang berarti. 

Leadership coaching secara online atau offline hal ini dapat disesuaikan dengan kesibukan dari pemimpin itu sendiri. Bagi seorang pemimpin yang mungkin memiliki kesibukan yang luar biasa dan tak ada jadwal yang kosong agar dapat mengikuti pelatihan ini, leadership coaching secara online dapat sangat membantu. Untuk pemimpin yang masih bisa melakukan tatap muka  langsung secara offline, dapat juga mengikutinya secara langsung.

Leadership coaching secara online maupun offline sama-sama dapat dijalankan dengan efektif. Yang perlu diperhatikan, pada saat proses leadership coaching berjalan, pemimpin yang menjadi coachee ( orang yang di-coach ) perlu memberikan waktu, tenaga dan pikirannya dalam proses coaching tersebut. Bila pemimpin melakukan leadership coaching secara online sambil melakukan pekerjaan yang lain, tentu proses coaching tidak akan berjalan efektif. Demikian juga, meskipun leadership coaching dijalankan secara offline tatap muka langsung, tetapi pemimpin berulang kali melakukan jeda untuk menjawab panggilan telepon, proses coaching juga tidak akan berjalan efektif. 

Itulah informasi mengenai seluk beluk dari leadership coaching yang akan memberikan segudang kebermanfaatan bagi para pemimpin yang mengikutinya. Siapapun pemimpinnya, mengikuti leadership coaching ini tentu akan memberikan banyak manfaat positif bagi para pemimpin sendiri maupun bagi orang-orang yang dipimpinnya.