Sejarah Awal Kemunculan TikTok dan Perkembangannya

Dewasa ini, semakin banyak orang yang menggunakan aplikasi TikTok sebagai salah satu media sosial mereka. Aplikasi TikTok adalah sebuah platform media sosial yang memungkinkan penggunanya untuk mengunggah video dalam durasi waktu tertentu. Pengguna TikTok juga bisa membuat video secara langsung dengan aplikasi TikTok dan menambahkan beberapa filter serta musik ke dalam video. Sehingga, video yang dibuat semakin menarik. Akan tetapi, tidak banyak pengguna TikTok yang mengetahui bagaimana awal viral TikTok hingga menjadi sebuah aplikasi media sosial yang mendunia.

Perkembangan aplikasi TikTok tidak terlepas dari perusahaan ByteDance. Perusahaan ini didirikan oleh Zhang Yimin dari China. Perusahaan ini menjadi induk dari berbagai aplikasi termasuk TikTok. Sejarah perkembangan TikTok dimulai sejak tahun 2016. Pada saat itu, perusahaan ByteDance merilis sebuah aplikasi yang bernama Douyin. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk membuat video pendek. Banyak warga China yang menggunakan aplikasi tersebut. Sehingga, jumlah pengguna aplikasi Douyin meningkat tajam. Hal inilah yang membuat perusahaan ByteDance mulai mengembangkan aplikasi Douyin keluar China. Untuk menarik minat masyarakat dunia, nama aplikasi Douyin diubah menjadi TikTok. Perkembangan aplikasi TikTok terjadi sangat cepat. Aplikasi ini menarik minat masyarakat di berbagai negara. Banyak influencer atau public figure yang juga menggunakan aplikasi TikTok. Hingga, aplikasi TikTok mulai mengakuisisi Musical.ly yang merupakan platform video pendek asal Amerika.

Sementara itu, sejarah perkembangan TikTok di Indonesia berlangsung pada tahun 2016/ pada saat itu, aplikasi TikTok sempat dipandang sebelah mata oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan aplikasi TikTok dianggap aneh dan berbeda dengan aplikasi media sosial pada umumnya. Akan tetapi, lambat laun aplikasi TikTok mulai diminati oleh masyarakat Indonesia. Banyak influencer yang memanfaatkan aplikasi TikTok untuk menarik semakin banyak view dan engagement. Hal inilah yang membuat aplikasi TikTok menjadi semakin diterima di Indonesia. Akan tetapi, aplikasi TikTok sempat diblokir oleh KOMINFO. Namun, pemblokiran aplikasi TikTok akhirnya dicabut. Sehingga, semakin banyak orang yang menggunakan TikTok saat ini. Aplikasi ini juga sering digunakan untuk melakukan transaksi bisnis.