Kisah Pendiri dan Perkembangan PayPal

Dewasa ini, banyak orang yang melakukan proses transaksi keuangan antar negara. Sehingga, mereka membutuhkan suatu jasa transfer yang bisa digunakan tidak terbatas dalam satu negara saja. Salah satu jasa transfer uang yang sering digunakan oleh masyarakat adalah beli saldo PayPal. Aplikasi ini bisa dibuat dan diakses oleh siapa saja dari banyak negara. Sehingga, masyarakat bisa melakukan proses transaksi seperti pembayaran e-commerce maupun penerimaan gaji melalui PayPal. Meskipun begitu, tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana sejarah perkembangan PayPal dan siapa pendiri PayPal. Berikut ini kisah dari para pendiri aplikasi PayPal dan perkembangan PayPal hingga bisa menjadi aplikasi yang digunakan oleh banyak orang.

PayPal memiliki kisah yang erat dengan perusahaan Confinity. Awalnya, Peter Thiel dan Max Levchin bertemu saat mereka memberikan kuliah di University of Stanford. Peter Thiel merupakan seorang billionaire yang merupakan lulusan dari Stanford University. Sedangkan Max Levchin merupakan seorang pengusaha dan engineer dari Amerika Serikat. Mereka setuju untuk mendirikan sebuah perusahaan yang bisa melayani jasa transfer uang Palm Pilot. Perusahaan ini memiliki nama Confinity dan didirikan pada bulan Desember 1998. Tujuan utama mereka adalah sebuah perusahaan yang bisa membuat orang berteman dengan baik. Meskipun kondisi perusahaan mereka sedang tidak baik. Oleh karena itu, proses perekrutan yang dilakukan oleh perusahaan Confinity dilakukan atas dasar pertemanan. Setelah itu, Luke Nosek masuk dan bergabung dengan perusahaan Confinity.

Setelah itu, perusahaan Confinity bergabung dengan perusahaan X.com dan membentuk PayPal Corp. Perusahaan X.com merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa perencanaan keuangan. Perusahaan ini didirikan oleh Elon Musk pada tahun 1999. Bergabungnya perusahaan Confinity dengan X.com terjadi pada tahun 2000. Semenjak itu, kedua perusahaan ini mengembangkan sebuah aplikasi jasa transfer yang dikenal dengan nama PayPal. Oleh karena itu, berdirinya PayPal tidak terlepas dari peran Peter Thiel dan Max Levchin sebagai pendiri utama. Selain itu, ada peran seorang Elon Musk yang bergabung dengan perusahaan mereka.