Ingin Gunakan Jasa Video Company Profile, Kenali Dulu Jenis Company Profile untuk Promosi Perusahaan

Salah satu media promosi perusahaan yang umum dikenal adalah company profile. Media ini merupakan kumpulan informasi tentang sebuah perusahaan, mulai dari awal dibentuknya perusahaan, visi misi, lingkup bisnis, penghargaan yang didapat, serta susunan komisaris dan direksi. Semuanya merupakan informasi penting, agar masyarakat dapat mengetahui gambaran umum dari sebuah perusahaan.

Pentingnya Company Profile

Selain itu, di dalam company profile juga memuat gambaran umum keuangan perusahaan. Meskipun tidak secara detail, namun komposisi tersebutlah yang menjadi senjata perusahaan untuk mempromosikan brand-nya kepada kolega atau calon klien. Gambaran keuangan akan mencerminkan kinerja dalam beberapa kurun waktu.

Dalam membuat company profile, perusahaan dapat berkreasi dengan berbagai ragam bentuk yang menarik dan dinamis. Hal ini tentu saja disesuaikan dengan sektor bisnis perusahaan dan anggaran. Namun, sebaiknya tetap tidak mengurangi profesionalisme perusahaan yang tercermin dari company profile tersebut.

Jenis-jenis Company Profile

Berdasarkan jenisnya, ada beberapa bentuk company profile yang umumnya bisa dijumpai di keseharian. Berikut beberapa di antaranya:

1. Cetak

Bentuk pertama adalah company profile cetak. Media ini umum ditemukan dan dimiliki oleh setiap perusahaan. Bahkan, tak jarang company profile dalam bentuk cetak diletakkan sebagai bahan bacaan di ruang tamu sebuah kantor. Sesuai dengan namanya, profil perusahaan jenis ini dicetak dalam hard copy, tentunya dengan desain dan jenis kertas yang profesional.

2. Video

Jenis berikutnya adalah company profile dalam bentuk video. Terkait pembuatannya, perusahaan membutuhkan effort yang lebih besar dari segi waktu, biaya, dan SDM. Bahkan, beberapa perusahaan sampai menyerahkan urusan ini pada jasa video company profile. Dengan demikian, perusahaan tidak perlu repot memikirkan properti, talent, dan juga script yang harus diucapkan.

3. Web

Berikutnya adalah company profile di dalam web. Perkembangan teknologi dan dunia bisnis telah memaksa banyak perusahaan mengembangkan web. Dalam hal mana, di dalam web tersebut juga ditampilkan profil perusahaan, sehingga gambaran umum perusahaan dapat diakses dengan mudah oleh kolega dan klien.

Pentingnya company profile bagi perusahaan, bukan hanya untuk memasarkan brand. Profil perusahaan juga merupakan cara perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggan terkait keunikan atau diferensiasi perusahaan di antara yang lain.