Definisi Press Release Perusahaan Dan Jenis-Jenisnya

Sebagian besar orang pasti pernah mendengar mengenai press release. Kehadirannya sangat berguna bagi perusahaan untuk menyampaikan informasi yang bersifat penting. Simak penjelasan press release perusahaan secara lebih rinci berikut ini.

Definisi Press Release Perusahaan

Press release merupakan alat yang digunakan untuk publikasi. Secara spesifik, juga bisa menjadi alat untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat luas. Biasanya ini akan dihadirkan oleh perusahaan ketika terdapat acara tertentu yang berhubungan dengan perusahaan.

Pemberitahuan tersebut biasanya diberikan kepada media untuk disebarkan secara umum. Isi dari press release harus komprehensif sehingga media yang akan memberitakan mendapatkan informasi yang sesuai dengan kondisi saat ini.

Apa Saja Jenis-Jenis Press Release?

Perusahaan menggunakan banyak press release untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Berikut beberapa jenisnya, antara lain:

1. Berita Umum atau General News

Seperti namanya, ini merupakan bentuk paling umum di mana isi beritanya mengenai sebuah peristiwa yang terjadi pada perusahaan. Perusahaan biasanya akan melakukan modifikasi agar berita yang disampaikan lebih menarik. Dengan demikian Ini menjadi dasar atau acuan  bagi press release lainnya.

2. Berita Peluncuran atau Launch Release

Ini berhubungan dengan peluncuran perusahaan, produk, situs, maupun hal lainnya untuk pertama kalinya. Formatnya sama dengan jenis sebelumnya, namun lebih menekankan terhadap hal yang akan datang atau masa depan.

Penyampaian informasi ini bersifat kasual dan menjadi alat untuk menjabarkan ide untuk rencana ke depannya. Biasanya setelah dilaksanakan kegiatan ini, akan ada penyampaian informasi lanjutan yang disampaikan oleh pihak perusahaan.

3. Press Release Acara

Jenis penyampaian ini sangat erat kaitannya dengan acara atau event  yang sedang terjadi saat itu. Penyampaian informasi berisi mengenai detail event yang sedang berlangsung sehingga bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi yang berkunjung ke event tersebut.

Untuk formatnya tidak selalu harus memenuhi kaidah 5W+1H. Namun bisa juga berbentuk list, hingga poin-poin terkait acara yang sedang berlangsung. Pada intinya penyampaian informasi ini harus menyenangkan dan tidak membosankan.

4. Press Release Produk

Hampir sama dengan press release peluncuran, namun bedanya pada penyampaian informasi ini menyertakan spesifikasi dari produk tersebut. Ini menjadikan informasi yang disampaikan jauh lebih lengkap.

Publik bisa melihat keunggulan dari produk yang diumumkan. Selain itu, juga bisa menilai apakah produk tersebut bagus atau tidak apabila digunakan.

5. Executive, Staff, & Employee Press Release

Press release ini umumnya digunakan untuk mengumumkan perekrutan karyawan baru. Terutama untuk posisi penting pada sebuah perusahaan. Isi dari press release ini biasanya merupakan informasi mengenai biografi karyawan tersebut.

Selain itu, foto yang bersangkutan juga akan  diperlihatkan pada press release tersebut. Tujuannya tentu saja agar publik segera mengetahui dan mengenali orang yang mengisi posisi penting di perusahaan tersebut.

Itulah penjelasan mengenai definisi dan jenis-jenis press release perusahaan. Untuk informasi lainnya yang berkaitan dengan pembahasan ini bisa mengakses Siaranpers.co.id.