Cara Membedakan Burung Prenjak Jantan Dan Betina dengan Mudah dan Akurat

Burung prenjak memang cukup populer dijadikan sebagai bintang kicau lapangan. Namun, banyak yang belum tahu bagaimana cara membedakan burung prenjak jantan dan betina. Burung ini terbagi atas beberapa spesies seperti prenjak kepala merah, lumut dan jenis prenjak sawah.

Dari tiga jenis tersebut, prenjak kepala merah atau kebun lah yang paling populer dan banyak diminati para kicau mania. Meskipun harganya tinggi, tak mengurangi niat mereka membeli karena suaranya yang gacor bisa membawanya menjadi bintang kontes burung. Langsung saja, berikut cara membedakannya.

1. Perhatikan Bentuk dan Warna Bulu Kepalanya

Cara membedakan burung prenjak jantan dan betina pertama adalah dengan melihat bentuk kepalanya. Prenjak jantan mempunyai kepala yang cenderung lebih pipih. Sementara yang betina bentuknya lebih ke melengkung.

Sementara untuk warnanya, biasanya prenjak jantan ditandai dengan warna bulu merah menyala dan tegas di bagian kepalanya. Untuk yang betina, warnanya cenderung merah memudar di kepalanya dan tidak mencolok seperti halnya si jantan.

2. Dengan Mengamati Bentuk Matanya

Mungkin memperhatikan bentuk kepalanya saja tidak cukup untuk memastikan apakah burung prenjak tersebut berjenis kelamin betina atau jantan. Untuk itu cara kedua ini bisa dilakukan yakni dengan melihat bentuk matanya.

Prenjak jantan mempunyai volume mata yang cenderung menonjol. Sementara si betina memiliki mata yang lebih datar dan tidak terlihat menonjol.

3. Lihat Warna Paruhnya

Warna paruh juga bisa dijadikan patokan jenis kelamin dari burung prenjak. Kicau mania pasti tahu bahwa burung prenjak betina dan jantan mempunyai warna paruh yang berbeda.

Si jantan mempunyai warna paruh yang lebih cenderung ke hitam. Sementara prenjak betina warna paruhnya dihiasi dengan corak terang seperti abu-abu atau putih.

Paruh prenjak jantan berwarna hitam dan tebal, ia juga mempunyai rongga mulut. Sementara betinanya, dibekali dengan paruh yang lebih tipis dengan rongga mulut tidak begitu tegas.

4. Dengan Melihat Postur Tubuhnya

Cara lainnya yakni dengan melihat bentuk tubuhnya. Prenjak jantan mempunyai ukuran tubuh yang jauh lebih besar dan panjang. Sementara si betina memiliki bentuk tubuh yang lebih kecil dan pendek jika dibandingkan si jantan.

5. Mengamati Ekornya

Bagian ekor juga bisa membantu mengetahui apakah si prenjak tersebut berjenis kelamin betina atau jantan. Prenjak jantan mempunyai dua buah bulu ekor dengan bentuk lumayan panjang. Biasanya bulu ekornya lebih panjang dibanding si betina.

Semenyata yang betina, kebalikannya. Terdapat dua buah bulu di bagian ekor dimana ukurannya lebih pendek daripada bulu ekor lainnya. Prenjak betina ini juga mempunyai ekor dengan bentuk lancip dan terlihat menguncup.

6. Mendengar Kicauannya

Inilah yang paling penting, prenjak sendiri diminati karena kicauannya yang gacor dan mantul. Jika tidak tahu jenis kelamin prenjak hanya dari suaranya saja, bukan kicau mania sejati namanya.  Nah, si jantan biasanya mengeluarkan suara dengan banyak variasi, tidak itu-itu saja.

Sementara yang betina kicauannya monoton, jadi hanya mengeluarkan satu nada itu saja secara terus-menerus. Prenjak jantan inilah yang biasanya diikutsertakan dalam kontes burung karena suaranya sangat nyaring dan keras. Jika baru membelinya, amati saja terus-menerus kicauannya, pasti lama kelamaan tahu.

7. Melalui Tes DNA

Ini merupakan langkah terakhir dan yang paling akurat. Namun, tidak semua orang mau menggunakan cara ini karena terlalu ribet dan pastinya membutuhkan dana yang tdak sedikit. Seperti halnya manusia, burung pun bisa dites DNA untuk memastikan jenis kelaminnya.

Nah, itulah sejumlah cara membedakan burung prenjak jantan dan betina dengan mudah dan akurat. Dengan membaca artikel diatas semoga tidak kebingungan lagi saat memilih prenjak di pasar burung.