Belajar Mengenal Hosting Indonesia

Hosting Indonesia saat ini adalah salah satu hal yang akan diperlukan pada saat akan membuat sebuah website. Anda wajib untuk memahami apa itu hosting, apa fungsinya sampai dengan bagaimana cara menggunakannya dan tempat belinya. Bahkan pemilihan jenis hosting yang tepat juga menjadi factor penting yang wajib untuk dipelajari nantinya.

Apa Pengertian dari Hosting?

Hosting sendiri merupakan salah satu tempat yang digunakan untuk menyimpan seluruh file serta data website sehingga nantinya juga dapat digunakan oleh banyak orang menggunakan sebuah akses internet. Untuk file serta data website yang ada bisa berupa video, gambar, email script, aplikasi sampai dengan database.

Apabila tidak menggunakan hosting, semua orang tentu tidak dapat membuat sebuah website. Maka dari itulah beberapa orang harus membeli atau bahkan menyewa sebuah hosting untuk membuat dan memiliki sebuah website nantinya. Hosting yang akan dibeli bisa diperoleh di sejumlah jasa maupun layanan yang menyediakan hosting berkualitas, terpercaya yang bisa ditemukan di internet dengan mudah saat ini.

Apa Sajakah Jenis Hosting di Indonesia?

Ada 2 jenis hosting yang biasanya digunakan di Indonesia. Untuk kedua jenis hosting tersebut diantaranya sebagai berikut ini:

  • Shared Hosting adalah jenis hosting yang servernya dapat digunakan secara bersamaan oleh banyak user. Shared hosting sendiri memiliki kualitas dan fasilitas seperti disk space, kecepatan dan lain sebagainya. Sehingga pada saat ada user yang akan menggunakan sumber daya yang terlalu banyak atau besar, maka website Anda yang menggunakan shared hosting ini juga bisa terkena imbasnya.
  • VPS Hosting adalah salah satu jenis hosting pribadi yang sumbernya hanya akan digunakan oleh satu user saja. Sehingga nantinya server juga tidak akan terpengaruh oleh sejumlah pengguna atau user lainnya. Dalam jenis hosting ini, Anda memiliki banyak kebebasan untuk mengatur sekaligus mengelola sumber yang ada dengan mandiri. Anda nantinya hanya perlu memiliki kemampuan untuk mengelola server yang sudah tersedia.

Jadi, itulah pengertian dari hosting dan juga jenis hosting yang dapat digunakan di Indonesia. Anda hanya perlu untuk menentukan jenis hosting mana yang paling tepat untuk dipilih nantinya.