Apa Itu Deface Website dan 5 Hal yang Harus Anda Ketahui

Deskripsi : Penjelasan lengkap mengenai apa itu deface website beserta contoh, cara memperbaiki, serta upaya pencegahan dari deface website yang bisa Anda lakukan.

====================================================

Apa Itu Deface Website dan 5 Hal yang Harus Anda Ketahui
Sumber: seoanaksholeh.com

Apakah Anda mengetahui apa itu Deface Website? Mungkin istilah ini masih terdengar asing di telinga kita selaku orang awam.

Akan tetapi perlu diketahui bahwa Deface Website memiliki pengaruh yang cukup penting terhadap kinerja dan jalannya situs website yang Anda miliki, apa pun jenis kontennya.

Nah di dalam artikel ini Anda akan mengetahui secara lengkap apa itu deface website secara definisi, bagaimana cara kerja Deface Website, apa dampaknya, lengkap beserta contoh-contohnya.

Tanpa berlama-lama, berikut adalah penjelasan selengkapnya….

Definisi Deface Website

Mungkin Anda pernah mendengar bagaimana salah satu situs website milik sebuah instansi atau pun situs terkenal tiba-tiba down seolah dikontrol oleh seseorang yang tak dikenal.

Tidak hanya itu tampilan pun diubah sesuka hati seperti yang diinginkan oleh orang misterius tersebut. Inilah ilustrasi singkat yang menggambarkan deface website.

Deface Website adalah serangan dengan tujuan tidak baik terhadap suatu website diikuti dengan tindakan mengubah konten yang terdapat dalam halaman website tersebut sesuai tujuan mereka.

Biasanya konten dari halaman website akan berisikan sebuah pesan atau gambar yang berisikan sebuah peringatan atau tujuan lainnya sesuai keinginan pelaku.

Deface Website sendiri bisa digolongkan sebagai upaya meretas atau hack.

Tujuannya pun bermacam-macam seperti mengancam, tindakan protes atau perlawanan, tujuan yang berbau politik kriminal, mempermalukan atau menjatuhkan nama baik sang pemilik website, atau bahkan hanya iseng belaka.

Bagaimana Cara Hacker Melakukan Deface Website?

Untuk lebih mengetahui lebih dalam lagi mengenai Deface Website, tentu Anda perlu memahami juga bagaimana cara para hacker melakukan Deface Website.

Pada dasarnya hacker meretas halaman website dengan cara mendapatkan akses yang tidak sah. Metode yang mereka lakukan untuk mendapatkan akses tersebut bermacam-macam caranya.

Salah satu yang cukup sering digunakan adalah memanfaatkan celah yang terdapat pada plugin pihak ketiga. Plugin sendiri merupakan software yang membantu kita untuk menjalankan fitur serta tools tambahan.

Dari celah plugin inilah hacker akan mencuri otorisasi untuk bisa memasuki website secara ilegal.

Selain itu serangan deface juga dilakukan melalui SQL Injection, XSS atau cross-site scripting, membajak DNS (Domain Name System), hingga menginfeksikan malware.

Contoh-contoh Serangan Deface pada Website

Umumnya, serangan deface biasa dilakukan terhadap website ternama yang paling banyak diakses oleh banyak orang. Selain itu tidak menutup kemungkinan serangan tersebut terjadi pada website milik instansi pemerintah,

Nah berikut ini adalah beberapa contoh deface yang pernah dilakukan….

Contoh Serangan Deface
Sumber: securityboulevard.com

Contoh yang satu ini, hacker melakukan peretasan secara full of page. Bahkan pelaku memberikan visualisasi gambar yang menakutkan bagi siapa saja yang membuka halaman situsnya…

Contoh Serangan Deface
Sumber: securityboulevard.com

Contoh kedua, pelaku hanya memberikan tulisan pada halaman utama website, berupa berupa inisial nama si pelaku sendiri. Pelaku hanya ingin menunjukkan kehebatannya dapat meretas.

Contoh Serangan Deface
Sumber: ussfeed.com

Aksi deface website juga pernah terjadi di Indonesia. Situs Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) menjadi sasaran peretasan oleh seorang yang diduga hacker.

Pencegahan Deface Website yang Bisa Anda Lakukan

Lalu apakah deface website bisa dicegah? Tentu saja bisa, setidaknya ada  cara yang bisa Anda lakukan sebagai langkah preventif. Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Lakukan Pembatasan Akses

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah melakukan pembatasan akses. Gunakan Prinsip Least Privilege (POLP), yang bisa diartikan pembatasan hak istimewa.

Karena semakin banyak akses, maka kemungkinan besar terdapat celah yang dapat dimanfaatkan oleh peretas. Jangan sekali-kali Anda memberikan akses kepada pihak yang tidak memiliki kepentingan.

2. Gunakan Aplikasi Firewall

Anda juga bisa menggunakan sekaligus mengembangkan aplikasi firewall. Aplikasi ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk melindungi server menuju website Anda dari segala bentuk serangan dari luar.

Apalagi dunia internet dengan akses yang sangat luas memungkinkan adanya resiko serangan akses yang tak dikenal. Sistem keamanan firewall inilah yang akan mencegah adanya akses ilegal.

3. Batasi penggunaan plugin serta add-ons

Plugin serta add-ons adalah perangkat tambahan yang digunakan untuk memudahkan Anda menjalankan fungsi tertentu dalam website, termasuk yang tersedia di WordPress.

Kendati demikian seperti yang telah disebutkan pada paragraf sebelumnya, perangkat lunak inilah yang bisa dijadikan sebagai pintu masuk dari akses-akses ilegal yang ingin memasuki website Anda.

Sebab walaupun website Anda telah dilengkapi dengan peranti keamanan, update tidak bisa dilakukan secara instan alias membutuhkan waktu.

Untuk itu, batasi penggunaan plugin serta add-ons hanya untuk beberapa keperluan yang penting saja.

4. Gunakan SSL/TLS

Transport Layer Security serta Secure Sockets Layer pada dasarnya memiliki prinsip yang sama yakni protokol keamanan yang dirancang melalui jaringan komputer.

Semua jenis komunikasi kepada para user akan terenkripsi sehingga mencegah adanya potensi serangan deface.

Pentingnya Backup Data pada Website

Backup data merupakan langkah yang sangat penting. Sebab apabila Anda melakukannya, proses pemulihan website saat terkena serangan deface web akan jauh lebih mudah.

Biasanya pengelola website sering lalai untuk membackup data website mereka sendiri.

Kendati demikian Anda tak perlu khawatir, sebab dengan memilih hosting yang tepat maka backup data sudah terafiliasi dengan baik.

Domainesia, merupakan salah satu hosting yang recommended. Karena, layanan hosting ini menyediakan Cloud Backup yang mampu melakukan backup harian secara reguler.

Sehingga semua data penting Anda lebih terjamin keamanannya. Tidak hanya itu, masih banyak fasilitas lain yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan layanan hosting murah dari Domainesia.

Seperti SSD super cepat, mendukung IPv6, Unlimited Bandwidth, gratis domain dan SSL, dan masih banyak lagi. Harganya pun sangat terjangkau mulai dari Rp 32 ribuan saja!!

Untuk informasi selengkapnya Anda bisa mengunjungi website resmi di domainesia.com.

Penutup

Kini Anda telah mengetahui dengan baik apa itu defaces website beserta cara pencegahan yang bisa dilakukan. Pencegahan menjadi hal yang penting untuk menghindari serangan defaces website terhadap situ web milik Anda.

Sumber : http://www.husnaramdani.com/