6 Alasan Pentingnya Teknologi di Era Kita Sekarang

Teknologi telah menjadi bagian tak terhindarkan dalam hidup kita. kita tidak dapat membayangkan bertahan hidup tanpa teknologi di dunia yang bergerak cepat saat ini.

Ketika pekerjaan, sosialisasi dan penyebaran budaya terjadi dengan globalisasi, kita tidak dapat bertahan hidup tanpa keterlibatan teknologi.

Pandemi virus corona juga telah membuktikan betapa pentingnya teknologi bagi kita untuk tetap terhubung, bekerja, berkomunikasi dan pada dasarnya bertahan hidup.

Secara khusus, mari kita renungkan lebih lagi apa saja alasan terpenting dan mengapa kita membutuhkan teknologi.

Di bawah ini adalah beberapa alasan pentingnya teknologi yang beberapa diantaranya dikutip dari situs web Rifqi Mulyawan yang harus kalian ketahui.

1. Komunikasi

Tujuan pertama dan terpenting yang dilayani oleh teknologi adalah komunikasi.

Media sosial dan aplikasi teknologi lainnya telah menyatukan kita.

Sekarang ini, kita bahkan dapat menemukan teman sekolah yang telah lama hilang melalui Facebook, twitter, Instagram sehingga kita dapat mengembalikan komunikasi.

Walaupun faktanya, kita bahkan dapat berkomunikasi dengan para pemimpin dunia, tokoh-tokoh terkemuka melalui platform ini.

Komunikasi juga dibutuhkan dalam bidang profesional, dan teknologi memastikan bahwa kita dapat berkomunikasi dengan dunia dari manapun kita berada.

2. Keamanan

Teknologi memberi kita keamanan.

Beberapa perangkat keamanan rumah seperti CCTV, kamera pintu, aplikasi anti-pencurian sekarang dapat terhubung dengan ponsel pintar kita.

Kebanyakan dari mereka dibangun secara elektronik untuk tujuan keselamatan dan keamanan yang lebih baik.

Sekarang, kita dapat menggunakan kamera hanya untuk melihat siapa yang berdiri di luar rumah.

3. Internet

Globalisasi tidak akan mungkin terjadi tanpa internet.

Fakta bahwa kita dapat terhubung dan bekerja dari belahan dunia mana pun karena kita memiliki internet.

Kami dapat memiliki klien yang memenuhi dan persyaratan dari seluruh dunia dan kami dapat mengasimilasi informasi dan proses pengiriman karena kita memiliki internet.

Covid telah membuktikan bahwa internet dapat menjaga kehidupan kita tetap berjalan bahkan ketika kita terkunci di rumah, hampir tidak ada yang terpengaruh untuk pekerjaan kita, khususnya jika itu berbasis internet.

4. Pengetahuan

Hari-hari ketika kita harus berlari dari satu perpustakaan ke perpustakaan lain di kota untuk menemukan buku dan bahan untuk proyek sekolah-perguruan tinggi kita hampir terlihat sangat jarang.

Hari ini, dengan bantuan Google, kita dapat menelusuri, semua jenis dan sejumlah informasi yang diperlukan untuk menghadiri panggilan jurnal untuk makalah.

Bahkan untuk pencerahan dan pengetahuan, kita bisa menjelajah web.

Kita pastinya bisa belajar kapanpun dan dimanapun, karena kita punya internet dan komputer.

5. Pendidikan

Teknologi telah menunjukkan kepada kita bagaimana kita dapat mengatasi hambatan waktu dan tempat dengan komputer dan internet.

Hal Ini membuat pendidikan lebih mudah diakses dan terjangkau oleh orang-orang di seluruh dunia.

Saat ini, satu orang di India dapat belajar dari Harvard atau MIT, bahkan dari rumah mereka, karena platform pendidikan online yang memperkaya pembelajaran.

Sekolah dan perguruan tinggi online bukan hanya sebuah ide atau kemewahan, dimana hal ini merupakan kebutuhan terutama ketika ada situasi pandemi.

Pembelajaran online jauh lebih hemat biaya bagi siswa dan universitas, sehingga setiap universitas lain telah mengalihkan program mereka secara online.

Memang, ini sebenarnya merupakan sistem pendidikan gen-next, di mana sekolah akan bergerak secara online untuk pembelajaran yang terjangkau dan tanpa gangguan.

Selain itu, gadget teknologi seperti kindle dan tablet membuat membaca dan menulis menjadi lebih mudah dan ringan.

6. Hiburan

Terakhir, perlu kalian ketahui bahwa teknologi telah berkontribusi besar pada dunia hiburan.

Dari video dan permainan komputer hingga televisi pintar, berbagai penemuan teknologi telah membantu kita memanfaatkan waktu luang yang ada.

Bahkan saat ini, menonton film tidak lagi terbatas pada ruang teater saja.

Ya, itu termasuk seperti cara kita membaca di komputer, kita menonton film, dan di platform digital lainnya.

Platform dan aplikasi streaming online sedang memindahkan dunia hiburan ke mode digitalisasi lengkap.

Penelitian telah menemukan bukti tentang kontribusi teknologi dalam kehidupan kita sehari-hari.

Tidak hanya itu saja, teknologi bisa menyelamatkan nyawa makhluk hidup.

Sebagai contoh misalnya seperti operasi besar, scan atau pemindaian, dan diagnosis medis terjadi melalui penemuan ilmiah dan teknologi.

Akhir Kata

Di atas, adalah beberapa alasan pentingnya teknologi di era kehidupan kita sekarang ini, dimana komunikasi, pekerjaan, dan pendidikan hampir tidak mungkin tanpa teknologi saat ini.

Bagi peneliti dan akademisi, jurnal-jurnal sekarang ini menjadi lebih banyak tersedia karena platform publikasi digital yang kesemuanya melibatkan teknologi.

Betul, teknologi pastinya telah mengisi waktu kita dengan konten dan hiburan yang bermakna sehingga kita merasa puas dan bahagia.

Walaupun, teknologi juga memiliki beberapa efek buruk seperti kebanyakan konsumsi lainnya.

Jadi kita harus merangkul aspek teknologi yang baik dalam hidup kita sambil secara selektif menghindari hasil yang tidak sesuai dapat terjadi.